Pasca Longsor, Jalur Utama Trans Sulawesi Gorontalo - Buol Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

kondisi-jalanan-macet-akibat-longsor-di-jalur-trans-sulawesi-buol-gorontalo

Berita Buol - Ruas Jalan Trans Sulawesi di Desa Lelato, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo yang menghubungan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Buol di Provinsi Sulawesi Tengah saat ini sudah bisa dilalui kendaraan setelah sebelumnya tertimbun longsor.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara dengan dibantu oleh Personel TNI dan Polri serta masyarakat langsung bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan pada Kamis (26/01/23).

Total sekitar 50 cm material longsor yang menimbun jalan utama Trans Sulawesi Gorontalo-Buol di lokasi ini. Satu buah alat berat jenis eskavator dikerahkan oleh aparat setempat untuk mengatasi timbunan tanah longsor di sepanjang jalan ini.

Informasi ini juga dikonfirmasi oleh sekretaris BPBD Gorontalo Utara Rully Rachmola Tanaiyo, dilansir dari Tribun Gorontalo Ia mengabarkan, saat ini untuk akses jalan Trans Sulawesi yang berada di Desa Lelato tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan.

Baca Juga: 
Status Buka Tutup Jalan Untuk Wilayah Jalur Kebun Kopi Pasca Perbaikan

“Situasi terkini akibat banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan lumpuhnya akses jalan Gorontalo- Buol saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor,” ujar Rully dalam keterangannya pada Kamis 26 Januari 2023 tersebut.

Saat ini pihaknya tinggal melakukan pembersihan sisa-sisa material, dilaporkan juga oleh Rully Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. 

“Informasi terakhir dalam peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa,” ungkapnya menambahkan . 

Namun menurutnya, hingga saat ini belum diketahui jelas berapa jumlah total rumah yang terdampak longsor tersebut, hinnga kini Pihak terkait masih melakukan proses pembersihan sisa sisa material dan melakukan pendataan.

“Untuk rumah yang terkena dampak semantara tim BPBD tengah turun di lokasi melakukan pendataaan serta memberikan bantuan,” tutupnya.

Baca Juga: 
Pemprov Tetapkan Status Siaga Bencana Hidrometeorologi di Sulteng, Warga Harap Selalu Waspada

Longsor Di Jalur Trans Sulawesi Gorontalo-Buol

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menyebabkan banjir dan tanah longsor pada Kamis (26/1/2023) di jalur Trans Sulawesi penghubung Provinsi Gorntalo dan Kabupaten Buol.. 

Longsor cukup panjang terjadi di Jalan Trans Sulawesi di Desa Lelato, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara. Akibatnya Jalan yang menghubungkan Gorontalo Buol sempat tidak bisa diakses untuk sementara oleh kendaraan akibat tertutup material. 

banyak kendaraan mulai dari angkutan barang seperti pick up dan truk hingga kendaraan angkutan umum dan pribadi terlihat terjebak macet dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: 
Cuaca Ekstrim Bulan Januari Di Buol dan Tolitoli, BMKG Himbau Waspada Banjir dan Longsor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari buolonline.com, mari bergabung di Grup WhatsApp "buolonline.com", caranya klik link berikut chat.whatsapp.com/Fmh879BC3ca21UZkH9Wf3X kemudian klik gabung, temukan juga kami di Facebook Buol Online dan Instagram @BuolOnline. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Kami menerima siaran pers untuk kegiatan sosial dan nonprofit secara Gratis! Pasang Iklan Banner dan Artikel Iklan di Buol Online mulai Rp 350 ribu, untuk Media Partner dan kontrak kerjasama jangka panjang hubungi Admin PT. Buolpedia Media Indonesia di 0822-9631-0002